Pelajaran pertama dalam metode An Nashr adalah menghafalkan arti dari mufrodat (mufrodat)
yang ada di surat-surat pendek juz 30 dan 29.
Pola dan cara menghafal tidak sama,
tergantung usia dan kemampuan peserta metode. Penulis sengaja memilih
surat-surat pendek juz 30 dan 29 sebagai materi pertama dengan tujuan :
Pertama : Hampir semua surat di kedua juz tersebut adalah
Makkiyyah, yakni surat yang diturunkan pada periode Mekkah sebelum Nabi
Muhammad SAW, hijrah ke Madinah. Kebanyakan surat yang turun di Mekkah
berbicara tentang pokok-pokok Keimanan seperti, Ke-Esaan Allah, adaya para
malaikat, diutusnya para rosul, kepastian akan terjadinya hari akhirat, berikut
peristiwa yang mengiringinya. Dengan mendahulukanbelajar juz 30 dan 29,
diharapkan terjadi tumbuhnya keimanan sebelum mereka mempelajari surat-surat
lainnya yang sudah melai membahas tentang hukum.
Kedua : Menumbuhkan semangat karena hanya dalam beberapa kali
pertemuan saja, mereka sudah bisa mengartikan beberapa surat. Berbeda dengan apabila pembelajaran dimulai
dari surat Al Baqarah misalnya, maka dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk
benar-benar menghafal arti yang ada pada surat tersebut. Karena itulah
pembelajaran dalam metode An Nashr, untuk juz 30, dimulai dari surat-surat yang
ada di bagian paling akhir. Disamping surat-surat pendek itu yang paling banyak
dibaca pada waktu sholat, sehingga sangat membantu menambah kekhusyukan sholat.
Ketiga : Ayat-ayat yang ada di juz 30 pendek-pendek, jadi
sangat cocok untuk pengulangan dengan pola-pola metode An Nashr. Yaitu pola 4
-3 – 2 – 1.
0 komentar:
Posting Komentar