Sabtu, 27 September 2014

Tahapan Pelajaran Metode An Nashr

Pelajaran pertama dalam metode An Nashr adalah  menghafalkan arti dari mufrodat (mufrodat) yang ada di surat-surat pendek juz 30 dan 29.  Pola dan cara menghafal tidak sama,  tergantung usia dan kemampuan peserta metode. Penulis sengaja memilih surat-surat pendek juz 30 dan 29 sebagai materi pertama dengan tujuan :
Pertama : Hampir semua surat di kedua juz tersebut adalah Makkiyyah, yakni surat yang diturunkan pada periode Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW, hijrah ke Madinah. Kebanyakan surat yang turun di Mekkah berbicara tentang pokok-pokok Keimanan seperti, Ke-Esaan Allah, adaya para malaikat, diutusnya para rosul, kepastian akan terjadinya hari akhirat, berikut peristiwa yang mengiringinya. Dengan mendahulukanbelajar juz 30 dan 29, diharapkan terjadi tumbuhnya keimanan sebelum mereka mempelajari surat-surat lainnya yang sudah melai membahas tentang hukum.
Kedua : Menumbuhkan semangat karena hanya dalam beberapa kali pertemuan saja, mereka sudah bisa mengartikan beberapa surat.  Berbeda dengan apabila pembelajaran dimulai dari surat Al Baqarah misalnya, maka dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk benar-benar menghafal arti yang ada pada surat tersebut. Karena itulah pembelajaran dalam metode An Nashr, untuk juz 30, dimulai dari surat-surat yang ada di bagian paling akhir. Disamping surat-surat pendek itu yang paling banyak dibaca pada waktu sholat, sehingga sangat membantu menambah kekhusyukan sholat.

Ketiga : Ayat-ayat yang ada di juz 30 pendek-pendek, jadi sangat cocok untuk pengulangan dengan pola-pola metode An Nashr. Yaitu pola 4 -3 – 2 – 1.

0 komentar:

Posting Komentar